Minggu, 15 April 2012

cara meningkatkan kinerja wireless

apakah anda termasuk orang yang selalu memanfaatkan jaringan wifi gratis????
biasanya nih jaringan wifi ini ada di mall ataupun di kelurahan,biasanya pula bandwith nya pun juga sedikit jadi acessnya lumayan lelet...bagi user biasa pasti langsung mengira itu lelet karena providernya tapi jangan langsung memvonis gitu karena ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja wireless kita,,nah yang akan saya bahas disini adalah tips untuk meningkatkan kinerja wireless.

Dalam hal Optimal ini artinya adalah Laptop Wireless anda tidak berulang kali mengirimkan paket yang salah dan diharuskan untuk mengulang-ulang mengirimkan paket tersebut ke Access Point yang ada karena adanya collusion yang terjadi di Access Point yang sedang anda akses. Perlu diketahui bahwa pada Jaringan Wireless yang anda akses, apabila banyak yang melakukan akses melalui 1 Akses Point tersebut, maka akan ada banyak Collusion/ Tabrakan disaat Laptop anda dan Laptop lain hendak mengirimkan paket data ke Access Point tersebut.


Jadi salah satu cara untuk menghindari terjadinya Collusion tersebut, adalah menggunakan setting RTS/CTS pada Wireless card di laptop anda. Pada umumnya di setiap Router Wireless / Access Point terdapat config untuk menset RTS/CTS tersebut. Namun tidak semua Router Wireless / Access Point memiliki config RTS/CTS, terutama Router Wireless / Access Point SOHO/Murah.

Sebelumnya bagaimana sih cara kerja RTS/CTS sehingga bisa mengurangi Collusion pada jaringan Wireless ? Tentu harus dipahami dahulu konsep dari RTS/CTS ini. Metode RTS/CTS ini juga diimplementasi pada jaringan kabel / Ethernet. Pada jaringan Fiber optik yang kecepatannya mencapai Giga pun masih menggunakan konsep RTS/CTS ini.

anda pasti tahukan traficline alias bahasa ilmiahnya bangjo..hahaha
jadi seperti ini kita anggap kalau
-laptop itu sebuah mobilnya
-jaringan wifi kita anggap sebagai jalan raya 
-dan lampu merah tersebut lah yg berperan sebagai RTS/CTS

santai itu dulu itu baru sebatas pengertiannya.baik kembali ke materi, Pada umumnya semua Router Wireless / Access Point pasti mempunyai aturan RTS/CTS dari pabrikan pembuat alat. Namun tidak semua bisa di setting oleh user.
 Bila anda sebagai pengguna jalan yang menggunakan mobil yang hendak mengantarkan sebuah paket kepada rekan anda, pada setiap perempatan apa yang terjadi apabila anda tidak mematuhi aturan yang di keluarkan oleh lampu merah. Lampu merah mengatur kapan giliran anda berhenti dan kapan giliran anda jalan, sehingga tidak terjadi tabrakan atau kemacetan yang menyebabkan lalu lintas lumpuh total bukan. Apabila terjadi kemacetan tentunya anda tidak akan sampai tujuan dan membuat paket tersebut terlambat sampai di tempat rekan anda.

Sama halnya dengan Jaringan Wireless, sebagai pengguna wireless, tentu peralatan Wireless anda harus mematuhi peraturan yang ada, yaitu RTS/CTS ini. Bila tidak maka proses pengiriman data akan terlambat atau macet. Apalagi anda mengakses jaringan wireless yang ramai diakses. Bayangkan saja apa yang terjadi saat Lampu Merah tidak menyala, semua saling serobot tanpa aturan. Sama halnya dengan peralatan wireless anda yang berusaha mengirimkan data secepat-cepatnya dan sebanyak-banyaknya dalam satu waktu.  


Secara default / tanpa di setting, peralatan wireless akan mengirim data secepat-cepatnya ke tujuan. Apabila terjadi error, maka akan di coba kembali untuk mengirim paket data yang error tersebut. Error ini bisa terjadi karena Collusion/ tabrakan disaat hendak mengirimkan data ini. Router Wireless/ Access Point akan selalu menerima data yang datang terlebih dahulu [FIFO]. Bila Router Wireless/ Access point sedang menerima data dari client lain, maka data lain akan di reject / error.
Saat error inilah dimana peralatan Wireless anda akan mengirim ulang paket yang error tersebut sampai tidak terjadi error. Tentunya ini dapat memboroskan baterai laptop anda bukan ?
Inilah salah satu penjelasan mengapa saat anda menggunakan Jaringan Wireless tertentu baterai laptop anda cepat terkuras.

 Maka dari itu, coba lihat dan aktifkan CTS/RTS anda untuk optimasi peralatan WIreless anda, dan tentunya baterai laptop anda [masih banyak akibat lainnya yang akan dibahas dilain waktu] . Dengan mengaktifkan CTS/RTS anda, maka peralatan wireless anda akan mengirimkan paket data mengikuti aturan yang ada. Berikut adalah prosesnya .

Saat hendak mengirimkan data, peralatan Wireless anda akan mengirim sinyal RTS [Ready To Send] kepada Router Wireless/ Access Point. Kemudian bila oke, Router/Access Point akan mengirim sinyal CTS [Clear To Send] kepada peralatan Wireless. Artinya boleh kirim data sekarang. Apabila CTS tidak diterima, maka peralatan Wireless anda tidak akan mengirimkan datanya karena sudah pasti akan error. Dengan demikian tidak ada pengiriman data yang mubazir, yang artinya data yang dikirim akan diproses.

Saat CTS dikirim, CTS juga berisi informasi berapa lama waktu pengiriman diberikan, agar perangkat wireless lain tahu berapa lama harus menunggu. Kemudian setelah pengiriman selesai, akan di kirim sinyal ACK dari penerima data, dan perangkat wireless lain juga akan tahu ada ACK, yang artinya boleh mengirim sinyal RTS lagi untuk memulai pengiriman data.



Pada jaringan Wireless yang ramai pengguna, hal ini sangat membantu performa dari jarigan Wireless tersebut. Ini berguna untuk para pengguna jaringan Wireless, berguna untuk pemilik hotspot karena aksesnya yang teroptimasi, berguna untuk Provider karena tidak disalahkan apabila koneksi internet lambat di area Wireless HotSpot tertentu.

 Bagaimana mengecek apakah RTS/CTS sudah diaktifkan. Berikut akan kami sertakan juga screenshot untuk mengubah setting RTS/CTS pada operating system Microsoft Windows 7.

1.Sebagai administrator masuk ke control panel - View Network status and Task
2.Cari dan click Change Adapter setting
3.Pada wireless card anda click kanan - pilih properties 
4.Lalu click Configure 


dan di tab Advanced - cari Mixed Mode Protection - pilih value pada RTS/CTS enabled


Pada tiap perangkat Wireless tentunya berbeda-beda. Silahkan cek pada manual perangkat wireless anda.  Dengan demikian perangkat Wireless anda bekerja lebih optimal di jaringan wireless manapun yang anda singahi dan gunakan.

semoga bermanfaat.....wassalam