Jumat, 14 Oktober 2011

profil anjar hardiena


Nama                            : Anjar Hardiena
Tempat, Tanggal Lahir    : Banjarmasin, 10 Mei 1977
Negara Asal                   : Indonesia
Terkena sebagai           :Wirausahawan di bidang IT, Penemu Zencafe, Aktivis FOSS
Karya                  :Sistem Operasi Komputer ‘Zencafe’ dan ‘Adiva’, dll.

Anjar Hardiena lahir di Banjarmasin 10 Mei 1977. Beliau memiliki hobi ‘ngoprek komputer’ sejak masih duduk di bangku SMU. Saat ini beliau sedang menyelesaikan program S2 Sistem Informasi di Universitas Bina Nusantara. Pada tahun 1999 mendirikan perusahaan Tazakka Maju Mandiri yang bergerak di bidang “Computer Maintenance & Networking Support”.

Pada awalnya, Anjar mempelajari Linux hanya sekadar untuk iseng-iseng saja. Anjar kembali tertantang oleh Linux pada saat razia-razia di warnet beberapa tahun yang lalu. "Saya merasa tertantang menggunakan Linux pada saat maraknya razia di warnet beberapa tahun lalu. Kebetulan saya sendiri mempunyai warnet kecil (Tazanet) di sebelah rumah saya. Cukup banyak distro yang saya coba sebelum akhirnya saya jatuh cinta dengan keluarga Slackware," kenang Anjar.
Saat ini, Anjar bahkan sudah membuat sebuah distro untuk warnet yang diberi nama LiG0S. "Kesulitan pengguna warnet untuk dapat beradaptasi dengan Linux, merupakan alasan utama saya untuk membuat distro LiG0S. Pada versi Dev-2, saya menggunakan distro Zenwalk sebagai basis LiGOS. Bahkan setelah saya mengontak dan memberikan sample LiG0S kepada pihak Zenwalk, mereka bersedia menjadikan LiG0S sebagai sub-project distro Zenwalk dengan nama Zencafe," jelas Anjar.
Dengan kemampuan entreprenaurnya, saat ini, selain mengelola perusahaan Tazakka Maju Mandiri, beliau juga mengelola perusahaan Online Corporate Identity yang bergerak di bidang ‘webdevelopment, webhosting, webforwarding & promotion Kit’ dan sebuah usaha warung internet dan telekomunikasi yang menggunakan Linux sebagai operating system. Berbekal pengetahuan teknologi informasi (information technology/ IT) dan dukungan dari banyak pihak, saat ini beliau terlibat sebagai tim sukses berdirinya AWALI (Asosiasi Warnet Linux Indonesia). Organisasi lain yang diikutinya adalah KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia). Di samping bergelut di dunia wirausaha, beliau juga menulis beberapa artikel  baik di linux.or.id, wiraswasta online, dan beberapa website lainnya.
Salah satu karya yang mengharumkan nama bangsa adalah sistem operasi Zencafe yang dibawahi oleh salah satu distro Linux yakni Zenwalk. Dan hingga saat ini, beliau juga telah merilis sistem operasi komputer yang keduanya yakni ‘Adiva. Bersama dengan beberapa anggota KPLI dan AWALI, beliau turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan ILC (Indonesia Linux Conference) di Bali 16 November 2008 lalu untuk terus menyebarluaskan pengguanaan system operasi komputer Linux di seluruh Indonesia.
Berikut pesan dan harapan Anjar. "Cobalah Linux. Tutup telinga tentang isu miring tentang Linux seperti susah digunakan, biaya lebih mahal, dan isu miring lainnya, karena yang saya rasakan sampai saat ini, isu tersebut ternyata tidak terbukti."

E-mail Anjar: ahardiena@gmail.com